ENTJ (Hasil Tes MBTI)

Dari instansi tempat bekerja, sekitar tanggal bulan Agustus tahun 2014 mewajibkan pegawainya untuk melakukan tes kepribadian secara online. Dan hasil tes-nya kuabadikan sekedar buat pengingat diri. Here we gooo…😉

PENJELASAN UMUM MENGENAI PROFIL KEPRIBADIAN

Profil kepribadian adalah gambaran umum mengenai pola perilaku seseorang dalam situasi-situasi yang ia alami sehari-hari atau tidak biasanya. Perilaku yang muncul SANGAT dipengaruhi oleh hal-hal yang mempengaruhi nilai-nilai yang dianut seseorang baik yang bersifat sementara maupun bawah sadar.

Penggambaran Profil Kepribadian dilakukan dengan memetakan sisi kepribadian real self secara mendalam mencakup tipe kepribadian (introversion-extroversion) dan fungsi kepribadian (sensing-intution-thinking-feeling).

Pemaparan terdiri dari:

1. Deskripsi umum, yaitu gambaran umum sesuai tipe MBTI yang mencakup :

a. Gambaran kepribadian
b. Gaya Kepemimpinan

2. Deskripsi prediksi tingkat kompetensi, dalam bentuk psikogram dan uraian singkat, yang mencakup

a. Integrity
b. Continuous Improvement
c. Stakeholder Focus
d. Planning and Organizing
e. Policy, Process, and Procedure
f. Team Leadership
g. Relationship Management
h. Quality Focus

3. Deskripsi pengembangan diri, yang mencakup : Kelebihan dan kelemahan

MBTI

GAMBARAN KEPRIBADIAN

Sdr. tergolong tipe yang pada dasarnya tidak tertarik mengerjakan hal-hal yang bersifat rutin kecuali ada tuntutan kerja atau untuk hal-hal yang disenanginya. Senang mencari hal baru atau peluang baru namun kurang perhatian pada detail yang harus dijalankannya. Mau mengerjakan kegiatan keseharian untuk hal-hal yang dimengertinya dan nyaman baginya. Memperhatikan apa yang dikerjakan orang lain dan berusaha untuk mendalaminya. Manyukai hal yang praktis, arahnya jelas, dan lebih fokus pada pekerjaan saat ini . Cenderung mudah bosan, lebih suka melakukan banyak hal yang baru. Mengikuti apa yang sudah biasanya dilakukan. Menunjukkan loyalitas selama sesuai dengan prinsip yang dianutnya. Komitmennya pada aturan cukup tinggi, suka dengan hal yang teratur dan terorganisasi dengan baik.

Karakter dasarnya tergolong tipe yang melihat sesuatu dari manfaat yang mungkin Ia dapatkan. Meyakini sesuatu dan percaya bahwa di dalam apa yang dialaminya terkandung maksud-maksud yang dapat membuatnya lebih baik. Menyusun pola sistematis yang menjelaskan keterkaitan satu parameter dengan lainnya. Antusias pada hal baru dan terbuka menerima perubahan. Berupaya menjaga keharmonisan hubungan dengan orang lain. Mencoba melaksanakan apa yang sudah direncanakan. Cenderung menahan diri dan bertanya-tanya dulu sebelum bersedia menjalankan tugas. Menyukai mengerjakan hal-hal yang baru dan menuntut inovasi. Spontan dalam menerima tanggung jawab, namun mengalami masalah dalam menuntaskannya.

Pada dasarnya Ia adalah orang yang melihat kondisi yang terjadi di sekelilingnya, mencari masukan dari berbagai sumber, dan mencernanya dengan pengetahuan/pemahaman yang Ia miliki. Biasanya mempertimbangkan dampak langsung dan tidak langsung serta cenderung bersikap kooperatif. Menganalisa berbagai informasi secara logis dengan tetap mempertimbangkan nilai kebijaksanaan atau norma yang berlaku. Memberi penilaian sesuai kriteria yang telah ditetapkan/dipahami sehingga cepat dalam mengambil keputusan namun ada peluang terlalu cepat menyimpulkan. Menggunakan intuisi untuk memberikan penilaian yang biasanya terkait dengan apa yang Ia yakini, pernah dialami, atau inspirasi yang muncul saat itu. Mempertimbangkan indikator-indikator atau tanda-tanda yang diketahuinya lalu menyatakan baik/buruk, lebih/kurang, serta mungkin/tidaknya sesuatu dilakukan berdasarkan apa yang dipahaminya. Lebih fokus pada kedalaman pemahaman untuk bisa melihat objektivitas suatu hal. Mengandalkan data, fakta yang detil ataupun pengalaman dalam memandang objektivitas suatu hal. Sangat obyektif dalam memandang sesuatu. Memperkirakan sesuatu berdasarkan inspirasi yang didapatkan dari berbagai informasi yang didapatkannya. Memiliki rasa ingin tahu yang besar, sehingga antusias membuka diri dengan kemungkinan peluang yang ada. Menelusuri masalah tahap demi tahap, seringkali terasa lambat dan kurang responsif. Melakukan analisa untuk memecahkan masalah yang disesuaikan dengan kepentingan saat itu. Membuka diri terhadap berbagai masukan dan perspektif.

Pada dasarnya Ia adalah orang yang suka memperluas relasi kerja dan bekerja dengan orang lain. Lebih suka menjalin hubungan secara profesional. Dapat menjalin hubungan kerja secara formal maupun bersifat personal disesuaikan dengan situasi yang ada. Hubungan kerja yang terjalin cenderung birokratis dan prosedural. Suka bekerja dengan orang-orang yang biasa bekerja bersamanya. Cenderung “cuek” dan bersikap kritis, namun juga menuntut kesetaraan peran. Melihat objektif atau tujuan yang ingin dicapai namun terkesan kaku. Mau membuka diri dengan orang lain ketika sudah merasa nyaman dengan orang tersebut. Lebih asyik dengan deadline tugas dan hal-hal yang sudah terencana, terkadang melupakan relasi sosialnya. Sangat bersemangat menjalin hubungan baru. Cocok dengan orang-orang yang memiliki minat dan pola pikir yang sama sehingga cenderung selektif. Lebih suka perannya tidak terlihat (di “belakang layar”). Menceritakan dengan ide-idenya yang inovatif. Menunjukkan maksud untuk menciptakan keharmonisan hubungan dengan orang lain.

GAYA KEPEMIMPINAN

Gaya kepemimpinan yang berorientasi pada relasi interpersonal. Ia cenderung membangun hubungan yang nyaman dan kuat di antara orang-orang di sekelilingnya. Terkadang lambat dalam pengambilan keputusan namun persuasif dalam menerapkan kebijakan. Menunjukkan partisipasinya dalam menjalankan suatu ketentuan. Mau menuntaskan suatu pekerjaan walaupun terkadang yang bukan menjadi tugas kesehariannya. Mengabaikan hal-hal yang dirasakannya sulit. Menerima kelebihan dan kelemahan orang lain secara proporsional. Membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai pihak. Mau menjelaskan gagasan pada orang lain di sekitarnya termasuk yang baru dikenalnya. Tidak menunjukkan minatnya pada penyelesaian masalah secara tuntas. Memerlukan waktu untuk mengevaluasi kemungkinan penyesuaian jika diperlukan suatu perubahan. Menunjukkan peran aktif dalam pemecahan masalah. Bersedia mengambil tanggung jawab lebih atau mencapai target yang lebih tinggi. Agak kaku dalam mengevaluasi kemungkinan-kemungkinan perbaikan. Menunggu kejelasan informasi dan situasi agar terhindar dari resiko/masalah. Memegang komitmen terhadap hal-hal yang menjadi wewenangnya. Mengambil keputusan secara objektif dengan melihat urgensi dan kepentingan berbagai pihak. Bekerja sekedarnya dan cenderung menghindar dari masalah. Membatasi diri dengan hambatan-hambatan yang dirasakannya sulit sehingga seringkali gagasan, kebutuhan, atau kepentingannya tidak tersampaikan. Memperhatikan objektif perencanaan dan mengevaluasi nilai-nilai yang harus dicapai. Menunjukkan ketertarikannya pada pendapat atau hal-hal yang dibicarakan oleh bawahan/rekan. Mau berperan aktif untuk mendukung tercapainya suatu target.

GRAFIK

INTEGRITY

Tidak mudah untuk menerima aturan namun cenderung mengikuti kesepakatan yang telah disetujui bersama

Mengambil keputusan berdasarkan hal-hal yang dianggapnya mendesak.

Terkesan lambat dalam meresponnamun sebenarnya Ia terlalu mempertimbangkan banyak hal jika terjadi suatu masalah. Ia mencoba meyakinkan dirinya untuk objektif dalam merespon.

CONTINUOUS IMPROVEMENT

Tipikal yang optimis, melihat sesuatu dari sisi baiknya saja. Ia senang bekerja dalam suasana yang harmonis. Fleksibel dalam bekerja dan tidak mudah menyerah

Termasuk orang yang merasa tertantang jika ada hal baru namun demikian Ia masih terkesan hati-hati.

Cenderung perfeksionis, detail dalam membahas masalah, dan menjelaskan masalah dengan sistematis. Ia lebih suka menggali hubungan sebab akibat dalam banyak hal.

STAKEHOLDER FOCUS

Membandingkan hasil yang Ia dapatkan dengan kualitas yang ingin dicapai

Tampil apa adanya, mengerjakan sesuatu sesuai yang Ia pahami. Sikapnya mungkin saja mudah berubah namun Ia biasanya dapat merespon dengan cepat.

Mau menerima masukan yang dianggapnya logis

PLANNING AND ORGANIZING

Melihat kemungkinan-kemungkinan yang terkait.

Menilai bahwa rencana dapat berjalan dengan meminimasi konflik.

Agak implusif namun memperhatikan hal-hal yang ada di sekelilingnya

POLICY, PROCESS, AND PROCEDURE

Menyesuaikan dengan kebutuhan.

Cenderung mengikuti prosedur yang telah ditentukan

Pada dasarnya tidak tertarik mengerjakan hal-hal yang bersifat rutin kecuali ada tuntutan kerja atau untuk hal-hal yang disenanginya

TEAM LEADERSHIP

Senang memberi arahan dan memeriksa apa yang dilakukan bawahan

Sangat obyektif dalam memandang sesuatu.

Memberi penilaian sesuai kriteria yang telah ditetapkan/dipahami sehingga cepat dalam mengambil keputusan namun ada peluang terlalu cepat menyimpulkan

RELATIONSHIP MANAGEMENT

Cocok dengan orang-orang yang memiliki minat dan pola pikir yang sama sehingga cenderung selektif

Responsif namun sering meloncat pada kesimpulan/solusi ketika menghadapi masalah, dengan mengandalkan pada intuisi/pengalaman selama ini

Menceritakan dengan ide-idenya yang inovatif dan senang menjadi pusat perhatian

QUALITY FOCUS

Mempelajari standar kualitas yang akan digunakansebelum digunakan

Mengusahakan hasil terbaik dengan semua kemampuan yang Ia miliki

Selalu membahas masalah secara faktual, terkadang terlalu detail dan orang lain dapat saja memandangnya sebagai orang yang sulit

STRENGTH :

Memiliki kemampuan mengambil keputusan tegas pada kondisi mendesak.

Suka menghadapi tantangan.

Memiliki kemampuan memotivasi orang lain.

Tahan dalam situasi kerja yang berulang / monoton.

Menunjukkan antusiasme dalam berkomunikasi

Tegas dan hati-hati dalam bekerja

Perhatian terhadap pencapaian tujuan

Mengikuti norma yang berlaku.

WEAKNESS :

Sulit menerima pendapat orang lain.
Tidak mudah percaya pada orang lain.
Mudah mengeluh jika merasa tidak nyaman.
Cenderung menolak hal-hal yang membuatnya tidak nyaman.
Cenderung moody dan tidak mau terikat pada suatu hal.
Cenderung bekerja sendiri jika orang lain dianggapnya kurang mampu.
Impulsif dan kurang objektif.
Terlalu memperhatikan kesalahan orang lain.

SARAN :

Ajak Ia untuk menahan diri dan tidak terlalu reaktif dalam berespon.

Buat lingkungan kerja yang lebih cair, bicarakan masalah-masalah dengan tenang dan sabar.

Hargai kemampuan dan prestasinya.Beri kesempatan padanya untuk memahami masukan-masukan dan melihatnya dengan objektif.Beri waktu padanya untuk mengenali dan percaya pada kemampuan orang-orang di sekitarnya.Jelaskan dengan rinci jika ada hal-hal baru atau perubahan dan beri Ia kesempatan untuk memahaminya.Beri kesempatan padanya untuk membuat rencana dan menyusun detil pekerjaannya.Jelaskan segala sesuatu secara logis dan sedapat mungkin didukung dengan bukti-bukti yang kuat.Ajak Ia untuk lebih dapat memahami kelebihan dan keterbatasan orang-orang di sekitarnya.

Hindari memperdebatkan benar atau salah dalam menyelesaikan suatu masalah, kembalikan pada konteks dan tujuan yang ingin dicapai

ENTJ = THE COMMANDANT
 
Ciri Umum

  • Asertif dan jujur, terdorong untuk memimpin
  • Ahli dalam memahami masalah organisasi yang sulit, dan memberikan solusi yang solid
  • ‘Cerdas’ dan punya banyak pengetahuan, biasanya pandai berbicara di depan umum
  • Sangat menghargai ilmu dan kompetensi, bisanya tidak sabar terhadap sesuatu yang tidak efisien atau tidak terorganisir dengan baik.

Kekuatan

  • Mengembangkan perencanaan yang matang
  • Memberikan struktur pada organisasi
  • Mendesain strategi yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan.
  • Cepat tanggap
  • Langsung dapat mengatasi masalah yang disebabkan karena adanya kebingungan dan cara kerja yang tidak efisien.

Kelemahan

  • Cenderung mengabaikan kebutuhan orang lain karena terlalu berorientasi pada tugas.
  • Cenderung mengabaikan pertimbangan-pertimbangan praktis dan hambatan yangada.
  • Terlalu cepat memutuskan, tampak tidak sabar dan dominan.
  • Mengabaikan dan menekan perasaannya sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: