STRATEGIC BRAND MANAGEMENT MANCHESTER UNITED

  1. SEKILAS TENTANG MANCHESTER UNITED

Manchester United (MU) adalah klub sepak bola asal Inggris yang sangat terkenal yang didirikan sejak tahun 1878 dan menaungi sejumlah pemain top dunia yang berasal dari berbagai negara. Dengan total pendukung di seluruh dunia mencapai lebih dari 330 juta orang atau melebihi jumlah penduduk Indonesia. MU memiliki organisasi resmi fans bernama Manchester United Supporters Club (MUSC) yang telah memiliki cabang lebih dari 200 buah di 24 negara. MU sudah mencatatkan diri sebagai perusahaan go public di London Stock Exchange sejak tahun 1991.

2. BRAND MANCHESTER UNITED

Slogan             :           Glory Glory Manchester United (Jaya Jaya Manchester United)

Logo                :

Logo Brand Manchester United

Logo Brand Manchester United

Personality      :           The Red Devils

Nama Fans      :           Manchunian

Tagline                        :           RED DEVILS are in Town

 

3. STRATEGI MARKETING MU

Sports Marketing, disebutkan bahwa pemasaran olahraga adalah bagian pemasaran yang berfokus baik pada promosi acara olahraga dan tim serta promosi produk dan layanan melalui acara olahraga dan tim olahraga. Ini adalah layanan di mana elemen yang dipromosikan bisa dalam bentuk produk fisik atau nama merek. Tujuannya adalah untuk menyediakan kepada klien dengan strategi untuk mempromosikan olahraga atau mempromosikan sesuatu selain olahraga melalui cabang olahraga.

Kepiawaian MU mengelola fans-nya populer dengan sebutan teori “konsumunitas” atau community-based marketing. Konsumunitas adalah proses konsumsi konsumen yang berpotensi membentuk komunitas konsumen, dan komunitas itu dapat memberikan konstribusi keuangan terhadap bisnis produsen. Hubungan antara MU dan fans-nya terjalin erat. Di situs resmi MU, http://www.manutd.com, misalnya ada seksi Fanzone yang didedikasikan untuk fans.

Bisnis Manchester United:

  1. Tim sepak bola MU memainkan dan menang dalam pertandingan sepak bola dengan cara yang menarik.
  2. Cable network – MUTV, hak-hak televisi, dan saluran televisi Manchester United sendiri dikelola dengan baik.
  3. Financial/banking institution.
  4. Merchandise souvenir shops
  5. Museum
  6. Conference and Catering
  7. Popular free-email service

 

Old Trafford di mana pertandingan kandang yang dimainkan, namun Manchester United juga bermain di berbagai tempat-tempat lain. Dan, tentu saja produk yang dijual di seluruh dunia, melalui website klub dan berbagai media penjualan lainnya.

Pemain-pemain Legendaris MU: David Beckham, Christiano Ronaldo, Eric Cantona, Ryan Giggs, Paul Scholes.

4. Brand Positioning Analysis

Selain menjual produk-produk seperti kemeja, jersey, parfum, dan merchandise, sebagai merek global Manchester United juga terlibat dalam berbagai kegiatan promosi bersama, misalnya dengan perusahaan telepon seluler Vodafone. Klub ini telah memposisikan diri sebagai premium brand dan cenderung untuk menjual produknya pada harga premium. Hal ini bisa dibuktikan dengan mahalnya biaya tiket untuk menonton pertandingan langsung di stadion.

5. KESIMPULAN

  • MU memiliki brand awareness yang sangat kuat dan fans yang sangat loyal
  • Kesuksesan Manchester United tidak terlepas dari strategi partnershipnya, bahkan Manchester United meraih US$128 juta/tahun dari partnership dengan Adidas.
  • Value yang ditawarkan ke konsumen berupa psychological value

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: