Marketing Strategic Management : COFFEE BEAN AND TEA LEAF INDONESIA

Sekilas Mengenai Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia

The Coffee Bean & Tea Leaf didirikan pada tahun 1963 oleh Herbert B. Hyman. Herbert memulai bisnis The Coffee Bean & Tea Leaf untuk melayani kopi dan teh terbaik di dunia. The Coffee Bean & Tea Leaf dikelola oleh International Coffee & Tea, LLC yang bermarkas di Los Angeles, Amerika Serikat dengan menawarkan lebih dari 22 varietas kopi dan 20 jenis teh. Sekarang, lebih dari 50 tahun kemudian, The Coffee Bean & Tea Leaf telah tumbuh menjadi salah satu kedai kopi dan teh terbesar di dunia dan menjadi sebuah model perusahaan kopi dan teh yang sukses.

The Coffee Bean & Tea Leaf masuk ke Indonesia sejak tahun 2001. Dikelola langsung oleh Trans Corp melalui PT. TRANS Coffee. Perusahaan Transcorp adalah konglomerat Indonesia terbesar yang sukses dalam berbagai sektor konsumen seperti media, hiburan, fashion, retail, makanan dan minuman di bawah kepemimpinan Chairul Tanjung. Salah satu tujuan dari unit bisnis PT. TRANS Coffee adalah untuk menjadi pemimpin dalam industri makanan dan minuman di Indonesia.

Awalnya The Coffee Bean & Tea Leaf hanya membuka 9 outlet di Jakarta dan Surabaya, sekarang PT. TRANS Coffee mengembangkan bisnis dengan membuka gerai baru. Hingga akhirnya sampai Desember 2011 telah memiliki 56 outlet di Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Makassar dan Bali. Dengan mengandalkan kopi dan teh terbaiknya serta pelayanan yang ramah, The Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia membidik pelanggan dari kalangan profesional.

Coffee Bean & Tea Leaf merupakan kedai kopi yang memperkenalkan New Concept Store untuk membuat para pelanggan mau duduk lebih lama sambil menikmati kopi dan teh dengan kualitas terbaik. Outlet dengan konsep baru ini pertama kali di buka di Central Park Mall, Jakarta Barat pada tanggal 21 Desember 2011, kemudian dilanjutkan di Lotte Mall Bintaro pada tanggal 22 Desember 2011 lalu di Ciputra World Surabaya pada tanggal 23 Desember 2011.

Berbekal pengalaman selama 50 tahun dalam industri kopi dan teh, The Coffee Bean & Tea Leaf telah memiliki reputasi yang terkenal dengan kopi dan teh kualitas terbaik. Setiap biji kopi yang disajikan telah melalui proses seleksi yang panjang sehingga hanya biji kopi terbaik lah yang sampai ke tangan pelanggan. The Coffee Bean selalu menjaga kualitas setiap produknya dengan melakukan training yang intensif dan berkesinambungan. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa seluruh minuman yang disajikan memenuhi standar kualitas yang sudah ditetapkan. Kemampuan barista The Coffee Bean juga diujikan dalam berbagai kompetisi barista, baik dalam skala nasional maupun international. Keberhasilan The Coffee Bean Indonesia sebagai Barista Champion tingkat Asia Pacific pada tahun 2007 telah menjadi bukti tingkat kualitas barista Indonesia yang prima. Demi kenyamanan konsumen, PT Trans Coffee, selaku pemegang lisensi tunggal The Coffee Bean & Tea Leaf di Indonesia berusaha untuk hadir lebih dekat lagi dengan para konsumennya.

The Coffee Bean & Tea Leaf juga bermitra dengan Bank Mega, sehingga bagi pemegang kartu Bank Mega Visa, Coffee Bean memberikan potongan harga sampai dengan 50% untuk semua makanan dan minuman (syarat dan ketentuan berlaku). The Coffee Bean & Tea Leaf meluncurkan banyak varian minuman the dan kopi yang dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin yang cocok untuk diminum kapan saja. Menu-menu yang disajikan sangat beragam, yang bisa dikonsumsi ketika sarapan maupun untuk menemani hang-out para pelanggan bersama teman-temannya di sore atau malam hari yang dapat memulihkan dari kepenatan aktifitas sehari-hari.

Kebanyakan pemilihan lokasi kedai The Coffee Bean & Tea Leaf berada di kawasan-kawasan bisnis yang strategis dengan ambience yang cozy. Hal tersebut dimaksudkan agar The Coffee Bean & Tea Leaf menjadi pilihan yang tepat untuk memulai aktifitas para pelanggan sambil menyantap sarapan pagi. The Coffee Bean & Tea Leaf juga hadir di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta untuk menemani para konsumen saat akan melakukan perjalanan.

Company’s Business Strategy

Konsep standarisasi franchise The Coffe Bean & Tea Leaf mengikuti negara asalnya di Amerika serikat, dengan sedikit penyesuaian dengan budaya yang ada di Indonesia, yaitu menu makanan yang disajikan menyesuaikan cita rasa orang Indonesia. Standardisasi dilakukan oleh The Coffee Bean & Tea Leaf untuk memastikan bahwa citra merek dan nilai orisinal yang dimiliki dapat dirasakan secara konsisten oleh target konsumen di semua pasar. The Coffee Bean & Tea Leaf dalam menjalankan bisnisnya melakukan adaptasi terhadap lingkungan, komunitas local, nuansa budaya setempat, customer habits, dan permintaan yang ada di pasar tempat bisnis tersebut dijalankan. The Coffee Bean & Tea Leaf hanya memproduksi dan melayani kopi terbaik dan teh dari seluruh dunia. Setiap tahun The Coffee Bean & Tea Leaf mencari hasil panen kopi dan teh terbaik dari Sumatera.

Porters Five Forces Analysis The Coffee Bean & Tea Leaf

  • Threat of New Entrants : Moderate

Ancaman terhadap pesaing baru yang akan masuk ke bisnis coffee shop tergolong medium, dengan barrier to entry yang tidak terlalu tinggi, karena kompetitor yang baru dan ingin bersaing dalam bisnis kedai kopi kelas premium ini harus memiliki modal yang cukup besar.

  • Threat of Substitutes: High

Banyak sekali jenis minuman yang bisa menjadi pilihan konsumen, seperti jus buah, air mineral, minuman bersoda, energy drink dan lain-lain. Atau bias juga konsumen dapat membuat kopi di rumah masing-masing dengan menggunakan coffee maker dengan bahan dasar biji kopi yang sama yang digunakan oleh The Coffee Bean & Tea Leaf.

  • Bargaining Power of Buyers : Moderate to Low Pressure

Tidak terdapat pembeli tunggal dalam bisnis coffee shop, sehingga The Coffee Bean & Tea Leaf sebisa mungkin menyediakan produk-produk minuman yang variatif, yang dapat memenuhi needs dari konsumen yang beragam. Karena ketersediaan produk subtitusi yang sangat banyak, dan biaya switching yang hampir tidak ada, maka konsumen memiliki sensitivitas terhadap harga kopi premium, apabila terjadi kenaikan harga yang tidak diikuti dengan kenaikan kualitas produk yang ditawarkan, maka konsumen cenderung untuk beralih ke produk substitusi dari kopi The Coffee Bean & Tea Leaf.

  • Bargaining Power of Suppliers : Low to Moderate Pressure

The Coffee Bean & Tea Leaf menggunakan biji kopi yang sudah terstandarisasi kualitasnya dari supplier pilihan, sehingga untuk biaya peralihan supplier pengganti menjadi rendah. The Coffee Bean & Tea Leaf benar-benar menjaga hubungan baik dengan suppliernya dan berprinsip pada kejujuran.

  • Intensity of Competitive Rivalry: High to Moderate

Banyaknya minuman pengganti yang tersedia, menjadikan kompetisi dalam bisnis penyajian minuman sangat sulit. The Coffee Bean & Tea Leaf harus tetap menjaga competitive advantage-nya sebagai kedai kopi premium dengan servis yang memuaskan, menjadikan tingkat persaingan di bisnis kedai kopi premium ini cenderung moderate bagi The Coffee Bean & Tea Leaf.

Target Market Characteristics

The Coffee Bean & Tea Leaf menargetkan konsumen usia muda, yaitu remaja usia belasan dan karyawan yang bekerja di sekitaran kawasan bisnis strategis. The Coffee Bean and Tea Leaf menyelaraskan diri dengan merek besar lainnya menyasar pasar anak muda. Hal ini menyebabkan pangsa pasar dan keuntungan bagi The Coffee Bean & Tea Leaf menjadi terbatas.

The Coffee Bean & Tea Leaf menyadari bahwa usaha franchise dengan negara asing sering mengalami masalah berkaitan dengan perbedaan lingkungan sosial, ekonomi dan budaya. Sehingga diperlukan adaptasi sistem, modifikasi produk asli, dan pendekatan pemasaran yang berbeda. Tingginya biaya sewa lokasi, menjadikan The Coffee Bean & Tea Leaf harus menetapkan harga produknya sedikit lebih premium dibandingkan kompetitornya, seperti Starbucks. The Coffee Bean & Tea Leaf membidik konsumen niche yang menganggap meminum kopi atau teh merupakan sebuah gaya hidup masyarakat modern.

Strategic Customer Relationship Management

The Coffee Bean & Tea Leaf menyediakan website yang mampu menampung segala saran maupun kritikan dari pelanggannya, di www.coffeebean.co.id. Konsumen bisa dengan bebas men-submit komentar mereka di website tersebut. Selain itu, The Coffee Bean & Tea Leaf juga memiliki layanan customer care di customer-care@coffeebean.co.id atau di telepon 021-7980388/081288655826. The Coffee Bean & Tea Leaf juga memiliki berbagai program amal melalui pemberian donasi ke berbagai sekolah, badan amal dan lembaga baik nasional maupun luar negeri yang bermanfaat bagi masyarakat, karyawan dan pelanggan. Sebagai franchise yang berinduk di Amerika Serikat, The Coffee Bean & Tea Leaf sebisa mungkin bekerja keras untuk menjadi ‘tetangga yang baik’ dimanapun mereka mendirikan usahanya.

  • Analisis SWOT
  1. Strength
    • Program Rekrutmen, Training & Pengenalan Bisnis untuk Karyawan: The CoffeeBean&TeaLeafmendirikan kantorregional di Singapurauntuk memberikan pelatihan bagi karyawannya. Pelatihan khususdiberikankepada stafuntuk menjadi lebihbaik dalam memberikan layanan kepada konsumen. The CoffeeBean&TeaLeaf menerapkan nilai-nilai utama/core values yang berupa FROTH: Friendly (Ramah), Respect (Saling Menghargai), Ownership (Rasa Memiliki), Teamwork dan Honesty (Kejujuran). Ketika pegawai The Coffee Bean & Tea Leaf membuka pintu toko, mereka tidak sekedar membuka pintu untuk para pelanggan, mereka juga membukakan pintu kepada para sesama karyawan The Coffee Bean & Tea Leaf yang lainnya.
    • Semua tokoTheCoffeeBeanand TeaLeafterletak dikawasan bisnis yang strategis dengan suasana kedai yang nyaman, produk yang berkualitas, music yang tenang, pelayanan yang ramah, penerangan yang cukup serta ketersediaan wifi, menjadikan konsumen betah untuk menghabiskan waktunya di kedai The Coffee Bean & Tea Leaf.
  2. Weakness
    • Konsumen yang dibidik oleh The Coffee Bean & Tea Leaf sama dengan target konsumen yang dibidik oleh perusahaan-perusahaanbesar dunia lainnya. Tapitarget pasarThe CoffeeBean&TeaLeafadalah anak muda yang tidak memiliki daya beli yang kuat.
  3. Opportunity
    • Pasar potensial The Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia masih terbuka lebar, seperti pasar Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang belum disentuh oleh The Coffee Bean & Tea Leaf.
    • Lifestyle/gaya hidup masyarakat perkotaan yang mulai banyak menghabiskan waktu bersantai bersama keluarga dan teman di coffee shop. Keberadaan coffee shop bahkan dimanfaatkan sebagai tempat berbisnis bagi kaum eksekutif atau professional, selain sebagai tempat untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Aktivitas masyarakat perkotaan yang padat telah membawa perubahan pada pola kebiasaan mengkonsumsi makanan kea rah yang lebih praktis.
  4. Threat
    • Persaingan bisnis franchise yang sangat kompetitif, seperti Mc Donald, Seven Eleven, Indomaret, Starbucks, Oh La La, Excelso, DJournal Cafe dan berbagai jenis tempat untuk bersantai sambil menikmati minuan dan hidangan yang telah disediakan, menjadikan The Coffee Bean & Tea Leaf harus memiliki satu keunggulan yang membuatnya berbeda dengan kompetitornya.

SARAN

  1. Karena konsumen yang dibidik oleh The Coffee Bean & Tea Leaf The Coffee Bean & Tea Leaf sama dengan target konsumen yang dibidik oleh perusahaan-perusahaanbesar dunia lainnya, maka sebaiknya The Coffee Bean & Tea Leaf harus serius/berfokus lagi pada target konsumen yang lebih spesifik, misalnya para profesional, manajer, eksekutifdan pengusaha.
  2. Untuk memperbesar bisnisnya, sebaiknya The CoffeeBean&TeaLeafmenjadi perusahaan go public, sehingga dengan modal yang lebih besar mampu membuka gerai coffee shop yang lebih banyak lagi di kota-kota besar di Indonesia.
  3. The Coffee Bean & Tea Leaf harus selalu berusaha memperbaiki produk dan layanannya serta memberikan informasi dan promosi yang mengena di hati konsumen agar dapat memenangkan persaingan dengan coffee shop franchise lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: