Strategi Ekspansi Bisnis PT Cipaganti Citra Graha Tbk

I.          PENDAHULUAN

Pengalaman yang terentang panjang hingga 27 tahun, bermula dari bisnis penyewaan mobil, hingga kini Cipaganti terus melebarkan sayap bisnisnya hingga merambah pada sektor industri pertambangan dengan menyediakan alat berat, dan kini juga telah membangun beberapa hotel, membuat Cipaganti menjadi salah satu perusahaan korporasi multi bisnis yang sukses. Awalnya perkembangan dititikberatkan di pulau Jawa, dan pada akhirnya Cipaganti Group sudah berhasil melakukan ekspansi ke Bali, Sumatera dan Kalimantan.

Cipaganti Citra Graha merupakan Divisi Otojasa dari Grup Cipaganti yang berdomisili dan berkantor pusat di Jalan Gatot Subroto No. 94, Bandung – Jawa Barat dan memiliki perusahaan anak dan 8 (delapan) kantor cabang yang tersebar di Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, Balikpapan, Banjarmasin, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda dan kota-kota di Indonesia. PT Cipaganti Citra Graha memfokuskan diri pada tujuan menyediakan produk jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar, menjamin kepuasan bagi konsumen, serta merta menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah mengenai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) kepada masyarakat dan lingkungan.

II.          GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

 

  1. Sejarah PT Cipaganti Citra Graha

Keberadaan Cipaganti Group dimulai dengan dibukanya usaha jual beli mobil bekas dengan nama Cipaganti Motor oleh Andianto Setiabudi pada tahun 1985 di jalan Cipaganti No. 84 Bandung. Perkembangan usaha dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup baik sehingga dapat berkembang dengan memiliki beberapa showroom mobil bekas di jalan Cipaganti, Cihampelas, jalan Abdul Muis, daerah Pungkur, Bandung. Seiring dengan perkembangan perekonomian nasional dan banyaknya perusahaan besar yang melakukan outsource untuk kebutuhan kendaraan sebagai sarana transportasi dan operasional perusahaan. Dengan pasar yang sedemikian luas dan pertumbuhan kebutuhan kendaraan sebagai pendukung usaha, maka Cipaganti Motor dikembangkan menjadi Cipaganti Rental yang menyewakan segala jenis dan merk kendaraan, mulai dari kendaraan angkutan barang, penumpang,pernikahan serta paket wisata.

Berikut adalah milestone dari PT Cipaganti Citra Graha Tbk sejak awal berdiri hingga sekarang:

2013 5   Juni 2013, PT Cipaganti Citra Graha  GO   PUBLIC
2012
  • Launching Regular Taxi ” Taxi Max “ di Semarang
  • Ekspansi Target Market Penyewaan Alat Berat ke perkebunan,   kehutanan, konstruksi dan infrastruktur
  • Pengembangan Produk Unit Usaha perjalanan wisata ” Cipaganti   Holiday “
  • Restrukturisasi internal dari sebelumnya 3 (tiga) anak perusahaan   menjadi 5 (lima) anak perusahaan
  • Memperoleh ISO 9001:2008 untuk sub-unit   usaha shuttle dan travel serta sub-unit usaha rental kendaraan.
  •   Revitalisasi Call Center   menjadi Sales Services Point.
  • Pengembangan Produk Unit Usaha Cargo ke   seluruh Jawa – Bali
  • Program Re-Branding Cipaganti untuk memperkuat Brand Arsitektur
  • Penetapan Segmentasi Layanan Shuttle dan Travel
2011
  •   Ekspansi Rental Alat Berat   ke Kalimantan Tengah
 
  •   Akuisisi PT. Transportasi Lintas   Indonesia ” Transline “ Luxury Shuttle
2010
  •   Akuisisi PT. Grand Transportasi   Sejahtera ” Taxi Max “, serta Launching Taxi Max di   Jakarta dan bandung
  •   Akuisisi PT. Starline ”   Stars Shuttle “ Low Cost Shuttle
  •   Launching Regular Taxi ”   Taxi Max “ di Surabaya
  •   Brand Management Cipaganti Group
  •   Kick Off Mining Production di Kalimantan Timur
  • Pengembangan Tourism Business di Bali
2009
  •   Dimulainya Implementasi ISO   9000-2008
  •   Ekspansi Rental Alat Berat   ke Banjar – Ciamis
2008
  •   Membuka BPR Syariah di Cimahi
  •   Ekspansi Rental Alat Berat   ke Kalimantan Timur
2007
  •   Membuka Cabang Alat Berat di   Pekanbaru, Riau
  •   Penambahan dua layanan usaha   baru, yaitu: Tours – Airline Ticketing dan Courier Cargo
  •   Cipaganti Otojasa Sebagai   Layanan Transportasi Terpadu
2006
  •   Membuka Cabang Alat Berat di Palangkaraya,   Kalimantan Tengah
 
  •   Membuka Shuttle Point to   Point seluruh Jabodetabek dan Bandung
2005
  •   Membuka Cabang Alat Berat di   Batulicin, Kalimantan Selatan
2004
  •   Membuka Cabang Alat Berat di   Banjarmasin, Kalimantan Selatan
2002
  •   Membuka Travel Door to Door   Bandung
 
  •   Membuka Koperasi Cipaganti   Karya Guna Persada menjembatani kemitraan usaha bagi hasil
2000
  • Periode I 1994 – 2000, Cikal Bakal PT Cipaganti Citra Graha
 
  •   Membuka Cabang Rental Mobil   di Jakarta – Cikini ( Cikini Raya No.8 ) yang dilanjutkan dengan cabang   Pondok Indah, Bekasi
1998
  •   Krisis III – Krisis Moneter   seluruh divisi mengalami penyusutan
1995
  •   Membuka Rental Forklift   yang menjadi cikal bakal unit bisnis Heavy Equipment
1994
  •   Pemindahan Aset Hotel menjadi   Perumahan Cipaganti Graha yang menjadi cikal bakal divisi properti, PT.   Cipaganti Citra Graha didirikan yang kemudian hari menjadi Holding Cipaganti   Group

2. Visi, Misi dan Kebijakan Mutu Perusahaan

Visi :

  1. Menjadi perusahaan multi nasional tingkat global dalam jasa penyewaan peralatan pembangunan dan transportasi, juga menjadi kontraktor di bidang konstruksi dan pengolahan lahan, serta membangun industri terkait.
  2. Menerapkan Good Corporate Governance dalam menjalankan perusahaan.
  3. Menjadi aset nasional yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian bangsa dan negara Indonesia.

Misi :

  1. Melayani dan menyediakan produk berkualitas terbaik untuk penyewaan peralatan pembangunan dan jasa kontraktor.
  2. Menyediakan transportasi angkutan darat aman, efisien dan menguntungkan yang dijalankan oleh profesional yang kompeten dan bermotivasi tinggi.

Kebijakan Mutu:

Sebagai perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2008, CIPAGANTI memiliki komitmen untuk memberikan kepuasan kepada pemakai jasa (customer satisfaction) dan terus melakukan penyempurnaan (Continuous Improvement).

III.          BISNIS MODEL PERUSAHAAN

1.      Produk-produk PT Cipaganti Citra Graha

a. Transportasi Terpadu :

1)        Rental Mobil

Cipaganti menyediakan kendaraan untuk disewakan (rental) dengan berbagai jenis jasa pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan klien / pelanggan, yaitu Jasa rental Cipaganti dapat digunakan untuk short term (jam / harian / bulanan) maupun long term (tahunan), dengan perjanjian sewa-menyewa yang fleksibel yang berfokus kepada kepuasan pelanggan dan juga menyediakan rental mobil untuk jasa pengantaran dan layanan ritasi berdasarkan kontrak tujuan ataupun layanan sewa logistik untuk distribusi produk.

2)        Travel & Shuttle

Dengan 200 armada yang dipergunakan untuk Travel & Shuttle memberikan berbagai jenis pelayanan antar-jemput penumpang dari dan ke tempat tujuan (door to door), dari terminal / pool ke tempat tujuan (pool to door) dan Shuttle Service dari pool ke pool (pool to pool).

3)        Jasa Layanan Dokumen, Paket & Kargo

Melihat peluang usaha yang sangat baik dan dapat dikembangkan tanpa batas waktu, PT Cipaganti memulai usaha ini untuk kota Bandung ke Jabodetabek, Bandara, Priangan dengan memakai jaringan cabang dan outlet rental, travel& shuttle yang sudah tersebar.Konsep pengiriman barang yang menjadi andalan adalah point to point 2,5 jam sampai ke kota tujuan (Bandung – Jakarta via Cipularang). Selanjutnya barang dapat diambil sendiri ke kantor cabang dan outlet Cipaganti terdekat atau diantar langsung sampai ke tempat tujuan dengan tambahan biaya dan waktu pengiriman.

4)        Bus Pariwisata, Tours & Airlines Ticketing

Keberadaan sub divisi tours & airlines ticketing akan menunjang sub divisi lainnya khususnya rental, travel, shuttle, paket & kargo .Untuk saat ini Cipaganti Tours & Airlines Ticketing melayani jasa : Penjualan tiket penerbangan domestik & internasional; Voucher hotel domestik & internasional; Paket tour domestik & internasional; Paket meeting; Insentif / group tour.

b. Heavy Equipment,

Cipaganti Heavy Equipment menyewakan alat-alat berat armada terbaru dengan tujuan percepatan pembangunan di segala sektor infrastruktur, industri dan bidang-bidang pembangunan lainnya. Pembukaan lahan (land clearing), pada proyek-proyek pembangunan, perkebunan,kehutanan, pertanian, perikanan tambak dan pertambangan.

c. Property

Sebagai Pengembang (Developer), Cipaganti telah membangun beberapa komplek perumahan di beberapa kawasan di kota Bandung, Jawa Barat antara lain : Perumahan Cipaganti Graha I di Ciwastra, Cipaganti Graha II dan Perumahan Cipaganti Dreamland di Ujung Berung serta Perumahan Cipaganti Rahayu Regency di Cipamokolan Soekarno Hatta di Kodya Bandung.

d. BPR Syariah

BPR Syariah Cipaganti beroperasi di Jalan Kolonel Masturi No. 33, Cimahi sejak tahun 1994. Pada awal pendiriannya, Bank CIPAGANTI Syariah ini bernama PT. BPRS Dana Tijarah. Pada tanggal 29 April 2009 BPRS Dana Tijarah diakuisisi oleh Cipaganti dengan persetujuan BI No. 11/21/DPbs/PAdBs/Bd tanggal 30 Maret 2009 dan kemudian dilakukan perubahan nama menjadi PT. BPR Syariah Cipaganti (Bank Cipaganti Syariah), berdasarkan keputusan Pemimpin Bank Indonesia No. 12/1/KEP.PBI/Bd/2010, tanggal 19 Januari 2010.

2.      Analisa SWOT

Strength

  • PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) mengalami kenaikan laba bersih 7,84%, yakni dari Rp56,31 miliar di kuartal III-2012 menjadi Rp61,09 miliar di kuartal III-2013. Kenaikan laba ini didorong oleh pendapatan usaha bersih perseroan sebesar Rp500,78 miliar di kuartal III-2013 dari sebelumnya Rp492,50 miliar di kuartal III-2012.
  • Beban pokok pendapatan dan beban usaha yang berhasil ditekan oleh perseroan juga ikut memberi kontribusi terhadap perolehan laba bersih perseroan di kuartal III-2013.Tercatat beban pokok pendapatan perseroan di kuartal III-2013 sebesar Rp301,33 miliar turun 1,58%, sedangkan beban usaha di kuartal III-2013 turun menjadi Rp119,20 miliar turun 0,66%, laba kotor naik menjadi Rp199,45 miliar dari sebelumnya Rp186,39 miliar di kuartal III-2012.
  • Aset perusahaan yang bergerak di bidang transportasi kendaraan dan rental ini sampai dengan kuartal III-2013 mencatat kenaikan pada jumlah asetnya, yakni menjadi Rp1,413 triliun dari sebelumnya Rp1,38 triliun di Desember 2012.Sementara total liabilitas perseroan turun tipis menjadi Rp814,55 miliar dari sebelumnya Rp872,88 miliar di akhir Desember 2012, dan ekuitas naik menjadi Rp598,54 dari sebelumnya Rp511,91 miliar di akhir Desember 2012.
  • Bidang Transportasi di Indonesia yang masih terus bertumbuh 9,8 % pertahun dengan kekuatan pasar, daya beli 50 juta orang kelas menengah dengan pendapatan USD 3900 / tahun dan terus bertumbuh hingga tahun 2020 diprediksi ada 150 juta orang merupakan prospek usaha yang sangat baik.
  • Brand Cipaganti group dengan daya magnet nya memiliki keunggulan dan keutamaan sendiri, khususnya dengan Cipaganti Shuttle & travel dengan bersandar pada kualitas layanan jasa transportasi antar kota dimana yakni Layanan Shuttle & Travel dengan masa waktu 24 jam jenis unit variatif Star Shuttle (Middle low), (Transline (Middle Up), Hyundai Starex (Middle High) melingkupi angkutan antar-jemput antar-kota atau antar-propinsi (one way trip) dengan jarak tempuh max. 150 km (Shuttle) dan Max 500 km (Travel), layanan executive class dengan konsep point to point (Shuttle) dan rumah ke rumah (travel), dengan Motto 1 (satu) orang berangkat.
  • Cipaganti menawarkan fasilitas travel dengan tempat duduk yang lega dan nyaman, mempunyai sarana entertaiment di dalamnya, bersih, aman. Pada segi infrastruktur cipaganti mempunyai banyak cabang di seluruh wilayah Jawa Barat dan  Jabodetabek. Ruang tunggu yang nyaman di poolnya. Jadwal keberangkatan yang tepat, harga yang kompetitif dengan produk travel competitor lainnya. Serta keunggulan lainnya adalah dengan melakukan antar jemput bagi customer yang tidak sempat datang ke pool travel cipaganti serta maintenance yang baik sehingga meminimalisir atau menghilangkan gangguan perjalanan dari segi teknis. Travel cipaganti juga menawarkan jasa charteran dengan harga yang competitif pula
  • Harga bus yang ditawarkan Cipaganti jauh lebih murah, serta armada yang nyaman bersih dan aman. Serta dengan banyaknya jumlah armada bus maka customer tidak perlu merasa khawatir tidak mendapatkan kesempatan untuk naik bus Cipaganti. serta maintenance yang baik sehingga meminimalisir atau menghilangkan gangguan perjalanan dari segi teknis. Bus cipaganti juga menawarkan jasa charteran dengan harga yang kompetitif pula.
  • Taxi Cipaganti beroperasi pada tempat – tempat yang strategis. Taxi juga dapat menerima order dengan cara menelepon ke nomor yang sudah ada.
  • Mendapatkan berbagai penghargaan antara lain : ‘Taxi Max Cipaganti as Superbrands 2013‘. Sehingga masyarakat telah mengakui Brand Cipaganti Taksi Max sebagai salah satu Brand Taksi Terbaik Nasional. Sebelumnya Taksi Max meraih penghargaan Brand Champion 2011 sebagai Most Popular Taxi Bandung, BSEA Award 2012 sebagai Service Excellence Operator Taxi. PT. Cipaganti Heavy Equipment mendapat penghargaan dari Yayasan Penghargaan Prestasi Indonesia dalam kategori “Kontributor Pembangunan Nasional ” Perusahaan Persewaan Alat Berat Terbesar dan Terlengkap di Indonesia.
  • PT Cipaganti Citra Graha mendapatkan pengakuan secara nasional, melalui unit usahanya dibidang jasa transpotasi yakni Indonesia Brand Champion 2012 sebagai ” Best Travel Category on Jakarta & Bandung ”. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Marketeers dan Markplus Insight mengambil lokasi sampel di enam kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Makassar dengan jumlah responden 675 Orang dengan system pengukuran di lihat dari Brand Equity yang berdasarkan tujuh aspek yakni awareness, usership, image, satisfaction, loyalty, recommendation dan retention program.

Weaknesses

  • Industri jasa transportasi merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingannya sangat ketat sekali, apabila pelanggan yang sudah ada tidak dimaintain dengan baik, maka dengan mudah sekali mereka berpindah ke perusahaan lain yang memberikan layanan lebih baik.

Opportunities

  • Meningkatnya pangsa pasar, sampai saat ini perseroan sudah memiliki 3.100 unit kendaraan. Melalui IPO, rencananya Cipaganti akan menambah 1.500 unit lagi, yang terdiri dari 150 unit shuttle cargo, 200 unit rental, 50 unit support tour ticketing tour, dan 900 unit taksi.
  • Dengan adanya waralaba travel Cipaganti yang memberikan peluang kepada peminat franchise akan membantu mengembangkan bisnis Cipaganti lebih luas lagi.
  • Ketersediaan alat berat Cipaganti cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan proyek, baik untuk jenis single purposed maupun multi purposed.
  • Kerjasama Proyek Cipaganti senantiasa memberikan peluang kerjasama yang seluas-luasnya kepada mitra usaha didalam pelaksanaan suatu kegiatan proyek. Kerjasama tersebut dapat berbentuk penempatan modal, kerjasama operasional atau bentuk lainnya dengan sistem bagi hasil ataupun pembebanan biaya, komisi/fee dengan berpegang pada prinsip kerjasama yang saling menguntungkan.

3.      Strategi

1. Segmentasi pasar :

Demografi Usia Remaja,   Dewasa, Orang Tua
Produk Bus,   Travel, Taxi
Pendapatan
  •   Menengah Bawah   : bus
  •   Menengah Atas   : Travel, Taxi
Geografis Regional Jawa   Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali (produk bis & travel)
Kota Jabodetabek   dan Bandung (taxi & travel)

2. Selling

Untuk memciptakan hubungan jangka panjang maka PT. Cipaganti akan memberikan bonus 1 kali perjalanan gratis bila sudah menggunakan jasa diatas 5 juta rupiah. Cipaganti juga melakukan promo dengan membagikan handphone kepada pelanggan loyal, promo ini dilakukan secara berkesinambungan setiap bulannya kepada pelanggan yang loyal dimana pelanggan terlebih dahulu mengisi kuesioner tentang peningkatan mutu pelayanan. Dan banyak program – program CRM lainnya dalam rangka memperluas pangsa pasar.

3. Value

Taxi Cipaganti menyediakan fasilitas WiFi gratis melalui kerjasama dengan Flexi. Bila mereka mengorder dengan menggunakan flexi. Maka mereka tidak dikenakan biaya telepon ( bebas pulsa ). Serta penumpang yang sudah pasti menggunakan jasa Cipaganti dari awal mereka sudah diasuransikan serta bagi barang – barang mereka yang ketinggalan di armada diatas, barang tersbut akan disimpan di pool terdekat tujuan. Apabila pada barang tersebut terdapat identitas pelanggan maka  cipaganti akan menghubungi pelanggan tersebut. Bilamana pelanggan tersebut menggunakan flexi, maka pelanggan tidak perlu repot untuk mengambil. Sebab akan ada petugas Cipaganti yang akan mengantar ke rumah pelanggan tersebut.

Melalui SMS Layanan Customer Care 24 jam, maka Cipaganti akan menerima feedback dari customer baik ide, saran perbaikan dan kritikan yang tentunya akan berguna sekali dalam improvement pelayanan yang disediakan oleh Cipaganti.

4. IPO

Untuk mendapatkan sumber pendanaan yang lebih besar lagi, maka PT Cipaganti melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO dengan melepas 361 juta saham atau setara 10 persen total dengan harga Rp 190 per saham. Melalui rencana ekspansi bisnisnya, Cipaganti berharap bisa mendongkrak kinerja usaha. Hingga akhir tahun 2013 ini, Cipaganti menargetkan pertumbuhan laba bersih 40%. Dengan IPO ini, pada akhirnya tata kelola perusahaan menjadi lebih transparan dan berkinerja maksimal serta memberikan manfaat bagi karyawan, stakeholder, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

IV.          KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan:

  1. PT Cipaganti Citra Graha menerapkan strategi ekspansi bisnis secara efekif, yaitu dengan menggunakan produk yang sudah ada (bus, travel dan taxi) untuk memasuki pangsa pasar yang lebih luas, karena selama ini Cipaganti hanya beroperasi di wilayah Bandung dan DKI Jakarta. Karena keterbatasan sumber daya, untuk mendukung ekspansi usahanya, maka PT Cipaganti Citra Graha melakukan IPO atau penawaran ke publik. Dari dana yang didapat dengan melakukan IPO tersebut, perseroan akan menambah 2000 unit armadanya, mengembangkan menambah rute taksi, yakni mengoperasikan taksinya di Bandara Soekarno – Hatta.
  2. PT Cipaganti Cipta Graha melakukan pendekatan ke konsumen dengan cara seperti periklanan, pengurangan harga dan mempelopori layanan internet gratis di dalam taxi, yang dilakukan sejak November 2010. Taxi Cipaganti menyediakan fasilitas WiFi gratis melalui kerjasama dengan Flexi.
  3. Keberhasilan PT Cipaganti Cipta Graha selain dalam bidang pencitraan produk, juga ditunjang infrastuktur yang mereka miliki, seperti SDM dan distribusi yang ditunjang oleh sistem teknologi informasi yang terintegrasi.

 

Saran:

  1. Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global dengan melakukan promosi aktif, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik dan menambah relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
  2. Manajemen Cipaganti harus selalu memperkuat competitive advantage-nya, baik dari segi keunggulan dalam service feature maupun distribution channel-nya.
  3. Cipaganti Cipta Graha harus selalu berupaya meningkatkan efisiensi melalui cost cutting program dan cost reduction program yang tidak mengorbankan produktfitas dan efektifitas program yang ada.
  4. Meningkatkan pelatihan untuk Manajemen, Karyawan, Mekanik dan Kru agar menghasilkan tenaga SDM yang professional. Selain itu, PT Cipaganti Citra Graha juga perlu melakukan pengembangan sistem reward yang dimilikinya.
  5. Memperkuat brand image Taxi Cipaganti, agar dipercaya oleh konsumen sebagai perusahaan taxi dengan kualitas yang mumpuni, yang tidak kalah bagus dengan kompetitornya.

V.          DAFTAR PUSTAKA

www.cipaganti.co.id

www.swa.co.id

www.trust.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: