Apple Inc. – Strategic Management

Apple

Apple Logos

Apple Inc merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika yang bisnisnya berfokus pada merancang dan membuat perangkat elektronik, perangkat komputer, dan personal komputer. Produk yang paling terkenal adalah hardware Macintosh, iPod, iPhone dan iPad. Pada tahun 1979 Apple mulai mengembangkan Macintosh (Mac) dan Apple Lisa yang menggunakan GUI (graphical user interface). Produk Apple – II menjadikan Apple sebagai pemimpin industri komputer sekaligus merevolusi industri komputer. Apple – II sukses dan terjual lebih dari 10,000 unit sampai dengan akhir tahun 1980. Masuknya IBM sebagai kompetitor dalam pasar PC pada tahun 1981 menjadikan posisi Apple turun dari pemimpin pasar, tidak seperti Apple yang membuat sendiri microprocessor dan operating systemnya, IBM menggunakan Intel sebagai procesornya dan menggunakan DOS dari Microsoft sebagai operating systemnya. IBM tidak hanya menguasai pasar PC tapi sekaligus menciptakan standar baru bagi industri PC.
Walaupun dari sisi penjualan Apple kalah dari IBM, dengan mengandalkan keunggulan superior produk komputernya, membuat Apple memiliki customer yang loyal, sehingga walaupun dijual pada harga premium, produk Apple tetap diminati oleh banyak orang. Posisi Apple dengan menjual produk premium pada harga yang premium mungkin menyulitkan Apple untuk menjadi penguasa pasar, tapi strategi ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Apple agar tidak masuk ke dalam perang harga dengan pesaingnya. Sehingga, Apple bisa fokus bersaing pada inovasi dan proposisi nilai yang unik. Apple telah membangun reputasi yang unik dalam industri elektronik konsumen, yang susah ditiru oleh kompetitornya. Posisi Apple pada kualitas produk yang terbaik, telah membantu membangun citra perusahaan dan kepercayaan pasar sekaligus loyalitas pelanggan. Apple percaya dengan investasi yang berkelanjutan pada Research and Development menjadi hal paling penting dalam mendukung keberhasilan Apple dalam merancang teknologi baru yang inovatif, desain elegan yang disukai oleh consumer, hal ini dapat terlihat dari cost R&D yang selalu meningkat dari tahun 2005-2007.
Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak yang tujuan awalnya untuk membuat komputer yang user-friendly, fun, human cool, tidak merepotkan layaknya produk berteknologi tinggi lainnya. Apple memiliki komitmen untuk mempersembahkan komputer personal, pemutar musik digital portable, dan pengalaman komunikasi mobile terbaik untuk para professional di bidang kreatif, pebisnis, pelajar, pendidik, agensi pemerintah, dan konsumen melalui inovasi hardware, software, layanan dan penawaran internet. Anak muda merupakan salah satu target market dari Apple, mereka menggunakan iPod untuk bersosialisasi dengan teman, mendengarkan musik, maupun terkoneksi dengan berbagai jenis social media seperti Facebook, Twitter, MSN dll. Bagi konsumen kreatif dan pelajar maupun pendidik, Apple merancang MacBook yang dikenalkan pertama kali pada Mei 2006. MacPro ditargetkan untuk konsumen bisnis dan professional yang dirancang untuk memenuhi performance, expansion, dan networking. Apple merilis Macintosh yang menggunakan processor Intel Core Duo, yaitu iMac untuk desktop dan MacBook Pro untuk notebook, sehingga konsumen diberikan pilihan. Dengan menggunakan teknologi Intel ini, Apple ingin memperluas pasar dengan memberi kemudahan bagi pengguna Windows. Inovasi produk yang paling populer dari Apple adalah iPhone. iPhone merupakan handset pertama yang menggunakan layar sentuh. iPhone mengubah paradigma handphone yang sebelumnya hanya digunakan untuk telepon, sms, dan mungkin mengambil foto, menjadi alat multimedia yang dapat digunakan untuk mendengar musik, menonton film, browsing, serta memainkan games. Target konsumen dari iPhone adalah konsumen yang mementingkan multimedia dengan desain yang elegan yaitu segmen anak muda.
Kampanye pemasaran yang dilakukan oleh Apple bertujuan untuk menarik pelanggan ke era digital lifestyle. Etos kerja Apple didesain dengan strategi bisnis yang lengkap dari bagian manufaktur hardware dan software yang sangat baik, serta customer service yang unik, menarik dan iklan yang berkesan. Selain menjual inovasi, Apple ingin menciptakan produk yang menyentuh sisi emosi konsumen dengan image yang tidak mudah dilupakan orang. Dengan menciptakan produk yang belum pernah terpikirkan oleh konsumen, menjadikan produk-produk yang ditawarkan oleh Apple selau berhasil di pasar. Apple secara konsisten mencoba untuk menetapkan standar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Apple mengutamakan kualitas dan desain produk yang menarik sehingga harga yang ditawarkan oleh Apple relatif lebih mahal dibandingkan dengan produk sejenis. Apple menawarkan daya tarik yang berbeda kepada konsumen dengan membuat produknya berdesain estetik, warna-warna cerah, lambang smiley serta hardware yang good looking.
Bagi konsumen rumah tangga, Apple merupakan sebuah komputer personal yang telah menjadi pusat perkembangan gaya hidup digital dengan mengitegrasikan penggunaan peratalan digital terbaru seperti iPod, iPhone, kamera, video dan foto digital, televisi, PDA dan peralatan digital lainnya.
Dengan menjual produk Apple ke sekolah-sekolah dan universitas, Apple mengubah sistem classroom menjadi showroom. Apple berkomitmen untuk menyediakan peralatan yang membantu para pendidik dan siswa dalam proses belajar mengajar. Apple percaya pada integrasi teknologi yang efektif dalam sistem belajar mengajar dapat menghasilkan tingkat prestasi siswa yang tinggi.
Profesional di bidang kreatif merupakan salah satu pasar penting bagi Apple untuk produk hardware dan software. Mereka menggunakan produk Apple untuk berbagai aktifitas termasuk video digital, produksi dan editing film, fotografi digital, desain grafis, audio production dll. Apple membantu dalam memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang.
Apple menyediakan produk dan solusi hardware dan software untuk konsumen di pasar teknologi informasi, ilmu pengetahuan, bisnis dan pemerintahan. Orientasi pemasaran Apple semuanya berfokus pada kebutuhan customer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: