ESSAY MOTIVASI MENGIKUTI PROGRAM MM-UI

Sekitar pukul 20:10 hari Senin 16 Juli 2012 saya mendapat SMS dari +628159222*** (Call Center Program MM-UI) yang isinya tentang pemberitahuan kalo hari Rabu tanggal 18 Juli harus mempersiapkan beberapa berkas diantaranya : Ijazah & Transkrip Asli, CV, 2 surat rekomendasi serta essay ttg motivasi masuk MM-UI. Dan akhirnya dengan persiapan seadanya selesai juga essay yang dijadikan syarat saat melaksanakan interview MM-UI di Salemba 4 jam 3 sore.

Karena sebelumnya belum pernah membuat essay ttg motivasi untuk melanjutkan studi, akhirnya harus tanya sana sini, dan tentunya ga lupa bertanya ke si Google. Sepertinya khusus program MM di UI saja yang mensyaratkan adanya interview & pembuatan essay, sementara untuk jurusan lain cukup dg tes TPA saja. Inilah essay yang dibuat seadanya, karena essay ini dibuat dalam waktu singkat dan mencuri2 waktu kerja, sepertinya perlu diabadikan untuk diposting di blog. hehhee.. (its not about the quality of the paper, but its about the historical value) :

Semua orang pasti mempunyai harapan dan cita-cita bagaimana sebuah kehidupan yang baik. Karena itu pendidikan pada gilirannya berperan mempersiapkan setiap orang untuk berperilaku penuh keadaban (civility). Keadaban inilah yang secara praktis sangat dibutuhkan dalam setiap gerak dan perilaku. Permasalahan di intansi pemerintah saat ini sangat kompleks, selain permasalahan yang bersifat internal instansi, juga permasalahan yang terkait dengan masyarakat dan permasalahan yang berkaitan dengan instansi lain. Sehingga perlu adanya pola kerja dan tindakan manajemen yang efektif dalam menyelesaikan masalah.

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif dan efisien. Asal mula kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis Kuno dari kata menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian secara bebas Manajemen berarti sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Manajemen Keuangan Syariah adalah sebuah kegiatan manajerial keuangan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan kesesuaiannya pada prinsip-prinsip syariah. Manajemen syariah mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun ini, karena  hal ini bisa menunjukan bahwasannya masyarakat membutuhkan sistem ekonomi yang lebih terpercaya dan berdasarkan prinsip – prinsip syariah.

Direktorat Jenderal Pajak merupakan salah satu instansi besar yang juga bersentuhan langsung dengan perusahaan-perusahaan yang berbasis Syariah. Menjadi sebuah persoalan tersendiri manakala sumberdaya insani atau praktisi  yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan operasionalisasi Keuangan Syariah ini belum seluruhnya “well knowledge” terhadap praktek implementasi peraturan perpajakan khusus menangani lembaga keuangan syariah.

Harapan atau motivasi saya mengambil jurusan Magister Manajemen Keuangan Syariah adalah untuk membekali saya dengan ilmu keuangan syariah serta ilmu manajemen secara umum, untuk mendukung pekerjaan yang saya geluti sekarang. Dengan latar belakang S1 dari jurusan Ekonomi-Akuntasi tentunya bisa lebih memudahkan saya untuk memahami ilmu Manajemen Keuangan Syariah. Apalagi dengan perkembangan ilmu Keuangan Syariah yang belakangan ini semakin pesat, tentunya akan membantu saya untuk lebih mengenal praktik-praktik keuangan syariah yang saat ini sedang terjadi, yang tidak bisa saya dapatkan dari instansi tempat saya bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: